banner 728x250

Pemdes Nario Indah Gelar PKTD Perbaikan JUT sepanjang 870 Meter

banner 120x600
banner 468x60

UNAAHA, SULTRA HEADLINE.COM. Pemerintah Desa (Pemdes) Nario Indah Kecamatan Anggotoa Kabupaten Konawe ,Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) berupa peningkatan Jalan Usaha Tani (JUT).

PKTD tersebut merupakan salah satu program prioritas Dana Desa Nario Indah di Tahun 2022 ini yang direalisasikan pada tahap kedua tahun anggaran berjalan, tepatnya pada Agustus ini.

banner 325x300

Kepala Desa Nario Indah , Relisman Sarnani saat ditemui di lokasi PKTD mengatakan, dalam pelaksanaan PKTD di Desa Nario Indah tahun ini diwujudkan dalam kegiatan pemeliharaan JUT yang sepanjang 870 meter meliputi wilayah dusun 1 dan 2 di desa tersebut.

“Tujuan dari peningkatan PKTD ini adalah untuk mempermudah proses mobilisasi para petani desa di bidang pertanian , khususnya saat musim penghujan , karena jalan ini sulit dilintasi , sehingga Pemdes memikirkan supaya dilakukan perbaikan , agar petani mudah dalam mengakut hasil produksi pertaniannya untuk dipasarkan,” paparnya, Sabtu (20/08/2022).

Dikatakannya, adapun metode peningkatan JUT itu yakni berupa kegiatan penghamparan dan pengerasan menggunakan urungan sirtu di sepanjang badan JUT tersebut.

Sedangkan para pekerja merupakan dari masyarakat desa itu sendiri dengan sistem pemberdayaan masyarakat setempat . Kemudian insentif pekerja dibayar harian sesuai dengan pagu pembiayaan JUT tersebut.

“Selain JUT itu, kita juga sudah melakukan pekerjaan duiker (dibaca deker) plat beton permanen sebanyak dua titik di ruas JUT lainnya yang ada di desa tersebut . Tetapi pekerjaan duiker plat ini lebih dahulu kita kerjakan yang realisasinya pada tahap pertama pencairan DD Nario Indah,” katanya.

Penulis : Ibas

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.