banner 728x250

Peternak Sapi di Konawe Diberi Bantuan Pakan Ternak

banner 120x600
banner 468x60

UNAAHA, SULTRAHEADLINE.COM. Dalam rangka mendukung program sejuta ekor sapi sebagaimana yang dicanangkan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) menyalurkan bantuan pakan ternak kepada para peternak.

Kepala Disnakeswan Konawe, Jumrin mengatakan, pakan ternak memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan hewan ternak, terutama dalam meningkatkan produktivitas ternak sapi.

banner 325x300

“Adapun jenis pakan ternak yang kita berikan kepada para peternak sapi terdiri dari rumput gajah, Setaria dan Bede,” terangnya.

Dikatakannya, pemberian bantuan pakan ternak dimaksudkan agar peternak di Konawe tidak kesulitan dalam kesediaan pakan ternak. Selain itu pihaknya juga melakukan sosialisasi penanaman rumput unggulan jenis rumput gajah, Setaria dan rumput bede.

“Perawatan rumput tersebut sangat gampang. Yang penting bagaimana caranya kita menjiwai tanaman. Mulai dari proses tanamnya, menyiangi, serta memupuk sehingga bibit rumput dapat tumbuh dengan baik,” terangnya.

Jumrin menjelaskan, pemilihan 3 jenis pakan ternak ditinjau dari kualitas rumput tersebut. Dimana rumput gajah memiliki ukuran besar serta nutrisi yang tinggi. Sementara rumput Setaria termasuk salah satu rumput unggul yang bisa hidup sepanjang tahun. Rumput tersebut sudah bisa dipanen untuk pakan ternak saat berumur 30 hari semenjak bibit rumput disemai.

Adapun rumput bede, lanjutnya, merupakan rumput berumur panjang, dapat tumbuh dengan membentuk hamparan lebat.

“Kita harapkan, semoga bantuan yang kita berikan kepada peternak, kiranya dapat membantu ketersediaan pakan ternak masyarakat, sehingga pertumbuhan dan produktivitas ternak semakin berkembang,” tutupnya.

Penulis: Dedy/SH

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.