Jelang Idul Adha, Kesehatan Hewan di Konawe Terus Dipantau

0

UNAAHA, SULTRAHEADLINE.COM. Menjelang hari raya idul adha, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan pemantauan dan pengawasan persebaran hewan kurban.

Hal itu dilakukan guna untuk memastikan kondisi hewan untuk kebutuhan kurban dalam kondisi sehat. Serta untuk mendeteksi adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) sekaligus mencegah penyebarannya.

Kepala Disnakkeswan Konawe, Jumrin mengatakan, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, banyak sapi yang dikirim ke daerah lain untuk kebutuhan kurban pada hari raya Idul adha.

“Untuk itulah kami memperketat pemantauan dan pengawasan ternak ini agar ternak terhindar dari penyakit mulut dan kuku utamanya pada ternak sapi,” terangnya.

Menurutnya sebagai birokrasi yang bertanggung jawab dalam hal ini, pihaknya harus memastikan kesehatan hewan ternak di masyarakat terutama untuk dikurbankan karena akan dikonsumsi masyarakat.

BACA JUGA :  Awasi Investasi Untuk Kesejahteraan Rakyat

“Meskipun belum ada kasus virus PMK di Konawe, tapi kami tetap berupaya untuk memastikan kesehatan ternak, sebelum dikonsumsi pada hari raya kurban,” tutupnya.

Penulis: Dedy/SH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here