Tinjau Hilirisasi Pengolahan Nikel di PT OSS, DPR RI : Bisa Jadi Rujukan Daerah Lain

0

UNAAHA.SULTRAHEADLINE.COM. Guna mendorong percepatan hilirisasi nikel dalam negeri, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melakukan kunjungan ke PT Obsidian Stainless Steel (OSS), yang berada di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (16/9/2020) kemarin.

Kedatangan rombongan yang tergabung dalam Panitia Kerja (Panja) Ilegal Mining itu di Bumi Anoa disambut langsung oleh Ketua DPRD Sultra, H. Abdurrahman Saleh, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, Ketua DPRD Konawe, H. Ardin, Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran dan sejumlah pejabat lainnya.

Ketua Panja Ilegal Mining, Eddy Soeparno mengungkapkan, tujuan kunjungan mereka ke Sultra adalah untuk melihat hilirisasi pengolahan nikel di PT OSS, dalam hal ini produksi stainless steel.

“Kami melihat ini sebagai jalan yang baik. Di mana pengolahan nikel, sudah dilakukan dari hulu (tambang nikel), hingga ke hilirnya (smelter) dan menjadi produk stainless steel,” ungkapnya.

Menurutnya, hilirisasi pengolahan nikel diharapkan mampu memberikan nilai tambah lebih dari produk bahan mentah, memperkuat struktur industri nasional, menyediakan lapangan kerja dan memberi peluang bagi tumbuhnya industri dalam negeri. Kewajiban hilirisasi juga sejalan dengan UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba

BACA JUGA :  Pemkab Konawe Semarakkan HUT DWP ke-21

“Setelah kami pantau, apa yang dilakukan PT OSS bisa menjadi contoh untuk daerah lain, dan kita sudah bisa melakukan hilirisasi yang baik dalam pengolahan nikel,” tutur Wakil Komisi VII DPR RI itu.

Sementara itu Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengaku bangga daerahnya mendapat kunjungan dari pemerintah pusat. Menurutnya, hal itu menjadi bukti bahwa pemerintah benar-benar menaruh perhatian serius dalam mengembangkan potensi-potensi SDA di otoritasnya, khususnya dari sektor industri maupun pertambangan.

“Ini suatu kebanggaan bagi kami. Mudah-mudahan kunjungan ini memberikan dampak positif bagi perkembangan PT OSS kedepannya,” harap Kery Saiful Konggoasa.

Kery menuturkan, kehadiran pabrik smelter di Konawe sangat memiliki kontribusi besar dalam menopang anjloknya sektor ekonomi yang merosot. Bahkan meski di masa pandemi Mega Industri tetap melakukan perekrutan karyawan lokal sehingga berperan penting dalam membantu pemerintah setempat mengatasi masalah pengangguran.

“Kawasan industri ini benar-benar memiliki kontribusi besar. Tenaga kerja lokal kita banyak yang bekerja di sana. Tinggal skillnya saja yang terus kita akan tingkatkan,” tutup Bupati dua periode itu.

Penulis: Dedy/SH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here