banner 728x250

Tahun Ini VDNI Setor Retribusi IMB Rp. 23 miliar ke Pemkab

H burhan
banner 120x600
banner 468x60
H burhan

UNAAHA, BKK- Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), H Burhan mengatakan, PT Virtu Dragon Nickel Industri (VDNI) di Kecamatan Morosi telah memberikan kontribusi untuk daerah yang cukup signifikan.

Pasalnya setoran retribusi di bidang Izin Mendirikan Bangunan (IMB) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat dalam beberapa tahun terakhir ini sangat membantu dalam pencapaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD).

banner 325x300

“Tahun ini saja, retribusi IMB yang akan dibayarkan PT. VDNI sebesar Rp. 23 miliar . Dana tersebut bakal ditransfer masuk ke kas daerah sebagai PAD daerah,” paparnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (5/6/2020).

Dikatakannya, jumlah anggaran retribusi yang dibebankan kepada pihak perusahaan itu sudah sesuai dengan jumlah bangunan di kawasan Mega Industri yang saat ini sedang dalam progres pembangunan.

Sedangkan tekhnis pengukurannya, kata dia, dilakukan secara bersama-sama oleh tim DPM-PTSP dan PUPR Konawe didampingi ahli konstruksi PT. VDNI berdasarkan denah bangunan di perusahaan itu. Dan setelah itu disepakati tentang besaran anggaran yang dibebankan daerah.

Sebagaimana peraturan daerah (Perda) Konawe nomor 6 tahun 2014 tentang retribusi IMB, penarikan IMB yang didasari pada satuan luas bangunan meter persegi.

“Setelah itu kita buatkan surat ketetapan retribusi daerah (SKRD)-nya. Sebagai dasar pembayaran pihak perusaahan itu. Dan Pemkab saat ini masih menunggu kesiapan perusahaan untuk membayarkannya sesuai jadwal yang sudah ditetapkan bersama,” pungkasnya.

Ia mengaku, memang sejak perusahaan ini menjalankan usahanya di Konawe telah banyak memberikan kontribusi positif. Utamanya di bidang PAD. Hal itu dapat dilihat dari tahun-tahun sebelumnya jumlah pendapatan di bidang retribusi IMB maksimalnya Rp. 1,8 miliar.

“Ada lonjakan yang signifikan, bahwa pendapatan retribusi IMB kita naik hingga 300 persen,” paparnya.

Menurut penilaiannya, kata Burhan,
PT VDNI merupakan perusahan swasta yang paling kooperatif terhadap kewajibannya di bidang pembayaran IMB. Karena semua tagihan yang dibebankan kepada perusahaan selalu diselesaikan tanpa tertunda.

“Yah. Kadang dibayarkan secara bertahap. Tetapi selalu dituntaskan sebelum menyebrang tahun anggaran berjalan. Ini khusus IMB. kalau sektor pajak lainnya saya tidak tahu. Karena PTSP hanya mengelola sektor retribusi di bidang IMB,” ujarnya. (putri)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.