banner 728x250

Stan Pameran Koltim Raih Juara Tiga di HPN Kendari

banner 120x600
banner 468x60

Tirawuta, SULTRA HEADLINE COM. Sejumlah pemerintah daerah  kabupaten/ kota di wilayah provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) turut berpartisipasi dalam perayaan dan peringatan  Hari Pers Nasional (HPN) yang dipusatkan di Kota Kendari sejak 6-9 Februari 2022.

Dalam sejumlah rangkaian agenda yang dilaksanakan  di HPN itu. Pameran pembangunan menjadi salah satu hal unik dan menarik serta banyak dikunjungi masyarakat  selama masa perayaan HPN ini.

banner 325x300

Masing-masing daerah  mendirikan stan sebagai sarana mempromosikan sejumlah potensi lokal yang menjadi indentitas keunggulan kedaerahannya.

Bahkan pemerintah provinsi memberikan penilaian serta memberikan  reward pada acara malam puncak perayaaan HPN ini ,  pada Rabu (9/2) di pelataran eks MTq Kota Kendari.

Beberapa daerah yang mendapat predikat terbaik , diantaranya Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) yang meraih juara ke -3 dari 17 kabupaten/ kota di Sultra. Setelah Kabupaten Konawe Utara (Konut) dan Konawe Selatan (Konsel).  Dimana piagam tersebut diserahkan langsung oleh  Gubernur Sultra H Ali Mazi kepada Pj Bupati Koltim yang diwakili Staf Ahli Setda Koltim Herman Amin.

Untuk stan Koltim sendiri mempromosikan duplikat potensi kedaerahannya yakni hasil pertanian dan perkebunan, produk khas UMKM gula aren Koltim serta destinasi wisata Bendungan Ladongi.

Untuk diketahui, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemrov) bersinergi menjadi tuan rumah dalam penyelengaraan HPN yang dipusatkan di Kota Kendari  pada 6 -9 Februari 2022 ini. Peserta dalam HPN itu terdiri dari sejumlah perusahaan pers dan organisasi wartwan se-Indonesia.

Dari serangkaian kegiatan formil HPN  ini, Pemprov juga menggelar pameran pembangunan . Sebagai sarana hiburan oleh para peserta HPN se-Indonesia, serta masyarakat di Sultra yang berada di Kota Kendari.

Di lokasi pameran pembangunan itu terdapat panggung hiburan yang menjadi pusat pertunjukan pentas seni budaya se-Sultra. Kemudian masing-masing kabupaten / kota di Sultra membangun stan pameran untuk mempromosikan potensi pembangunan dan peluang investasi daerahnya ,serta  produk khas lokal UMKM.

Perayaan pameran pembangunan di HPN  itu secara resmi dibuka Gubernur H Ali Mazi, pada Minggu (6/2). Turut hadir , diantaranya  Pj Bupati Koltim H Sulwan Aboenawas  unsur Forkopimda provinsi, pimpinan lembaga vertikal baik sipil maupun TNI/Polri, serta jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat dan daerah. 

Usai membuka pameran HPN itu, Gubenur dan peserta HPN berkesempatan berkeliling meninjau sejumlah stan pameran.

Dalam sambutannya, gubernur H Ali Mazi mengatakan, bahwa kegiatan pameran pembangunan sudah menjadi agenda rutin yang menjadi bagian yang tidak  terlepas  dari seluruh kegiatan ceremonial pemerintah provinsi .

“Pameran ini selalu menjadi kegiatan rutin pada setiap kegiatan yang melibatkan pemerintah provinsi. Karena hal ini menjadi sarana untuk mempromosikan pembangunan kepada masyarakat. Kemudian di aspek lain dapat menguatkan perekonomian UMKM ,” katanya .

“Saya berharap agar kiranya para peserta pameran dapat memanfaatkan momentum yang baik ini. Karena hal ini memiliki asas manfaat yang baik, contohnya menjadi promosi produk lokal UMKM, serta promosi peluang investasi baik di sektor pertanian dan perkebunan maupun potensi unggulan lainnya, ini bisa membuka hubungan komitmen  bisnis antar daerah maupun antar pelaku usaha ,”tutupnya.

Penulis : Ibas

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.