Lakalantas di Konawe Didominasi Usia Produktif

0

UNAAHA, SULTRA HEADLINE.COM. Kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalanan protokol Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) masih marak terjadi. Bahkan hingga menyebabkan meninggalnya korban jiwa.

Berdasarkan data yang dirilis dari Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Konawe, mencatat selama 2021 lalu, terdapat 118 kasus kecelakaan. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, angka kecelakaan di Konawe mengalami peningkatan yang signifikan.

Kasat Lantas Polres Konawe, AKP Sri Endang memaparkan, data laka pada tahun 2021 sebanyak 118 kasus, sementara pada 2020 sebanyak 85 kasus. Jika dipresentasikan terjadi peningkatan 32,82 persen.

“Untuk usia korban laka itu masih didominasi remaja atau usia produktif. Dan para pekerja tambang juga ikut mendominasi, karena biasanya pekerja ini yang habis shift malam, tapi masih memaksakan berkendara, sehingga terjadilah kecelakaan,” terangnya, Senin (17/01/2022).

BACA JUGA :  Warga Kendari Ini Dibekuk Polisi Edarkan Sabu di Konut

Untuk menekan angka kecelakaan, lanjutnya, pihaknya terus berupaya mengantisipasi terjadinya kecelakaan, diantaranya memberikan penyuluhan langsung kepada masyarakat, himbauan, sosialisasi ke sekolah-sekolah, hingga pemasangan spanduk di sejumlah titik rawan terjadi kecelakaan.

“Kita harapkan kepada para pengendara untuk selalu taat dan berhati-hati dalam berkendara karena keselamatan berkendara itu sangat penting. Jika pengandara kendaraan menaati peraturan dan kewaspadaan berkendaraan terus ditingkatkan, maka jumlah kecelakaan akan ikut turun,” imbau mantan Kapolsek Lambuya itu.

Penulis: Dedy/SH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here