banner 728x250

Pemkab Bangun Empat Puskesmas, Anggarannya Rp. 28,5 miliar

banner 120x600
banner 468x60
Mawar Taligana

UNAAHA, SULTRA HEADLINE.COM. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe , Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat kucuran dana pembangunan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK)-Afirmasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2020.

Alokasi anggaran tersebut membiayai empat Puskemas sekaligus yakni Kecamatan  Bondoala, Wonggeduku, Latoma dan Routa.

banner 325x300

“Kucuran anggaran tersebut tidak sekedar membiayai kegiatan fisik, tetapi juga termasuk  penyediaan alat kesehatan, instalasi pengolahan air limbah (IPAL), kendaraan operasional Puskesmas dan sara penunjang lainnya,” papar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe, Mawar Taligana via telepon selulernya.

Dikatakannya, saat ini empat Puskesmas yang dimaksud sudah dalam tahap pengerjaan.

Dengan masing-masing anggaran yakni  Puskesmas Bondoala sebesar Rp. 4,5 miliar. Sementara di Puskesmas Wonggeduku, Latoma dan Routa berjumlah Rp. 8 miliar.

Ia mengaku, khusus untuk Puskesmas Wonggeduku model konstruksi bangunan dirancang dengan model dua lantai . Semantara tiga Puskesmas diantaranya model bangunan satu lantai. Alasannya, kata dia, karena tiga daerah tersebut dipertimbangkan lokasi dan jarak mobilisasi bahan bangunan yang sulit dijangkau. Sehingga mempengaruhi mahalnya biaya belanja bahan konstruksi.

“Bayangkan saja, pasir yang dipakai membangun Puskesmas Routa, kita datangkan dari Kecamatan Malili, ibu kota Kabupaten Luwu Timur. Tapi mau diapa! tidak ada pasir di Routa,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain empat Puskemas yang dimaksud, kata dia, ada juga sementara ini proses pembangunan dua unit Puskesmas di Kecamatan Morosi dan Uepai. Namun, sambungnya, sumber anggarannya berbeda yakni alokasinya melalui DAK Reguler. Masing-masing yakni Morosi berjumlah Rp. 2,5 miliar dan  Uepai berjumlah Rp 1,5 miliar.

“Semua sudah on progres alias dalam tahap pengerjaan. Insyaallah kalau tidak ada hambatan, akhir tahun ini sudah bisa rampung semuanya,” pungkasnya. (B).

Penulis : Ibas
Editor : Red

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.