banner 728x250

Sukseskan Program PKTD, Pemdes Lalonggowuna Libatkan Emak-emak Bangun Saluran 2 KM

banner 120x600
banner 468x60

UNAAHA.SULTRAHEADLINE.COM. Salah satu upaya Pemerintah Desa (Pemdes) Lalonggowuna, Kecamatan Tongauna, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam menjaga kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah tanggap darurat pandemi Covid-19, Pemdes kembali melaksanakan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD), Sabtu (14/08/2021).

Program PKTD yang dilaksanakan Pemdes Lalonggowuna merupakan kegiatan yang fokus pada pembangunan infrastruktur desa yang didanai melalui Dana Desa dengan melibatkan warga setempat, yang para pekerjanya lebih didominasi emak-emak

banner 325x300

Kepala Desa (Kades) Asmada mengatakan, program PKTD sendiri merupakan salah satu prioritas penggunaan DD tahun 2021, guna memberikan tambahan upah atau pendapatan, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sasaran pekerja PKTD diprioritaskan bagi pengangguran, setengah pengangguran, perempuan kepala keluarga, anggota keluarga miskin, serta anggota masyarakat marginal lainnya,” terangnya.

Diterangkannya, untuk Program PKTD di Desa Lalonggowuna kali ini memfokuskan pembangunan saluran air dengan panjang 2,280 Kilo meter dengan total anggaran Rp 110.000.000. Dan warga yang dilibatkan bekerja dan dibayar harian dengan upah sesuai indeks yang ada.

“Allhamdulillah masyarakat kami sangat antusias menyambut kegiatan ini, karena PKTD bisa mempekerjakan masyarakat secara bergotong-royong dan upah pun dibayarkan, ini suatu kegiatan yang membuat warga merasa lebih terasa kebersamaan dan mempererat hubungan emosional,” tutupnya.

Penulis : Dedy/SH

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.