Pemkab Konawe Harus Putus Trayek Kolaka-Kendari

0

UNAAHA, Wakil Bupati Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra), Gusli Topan Sabara mengatakan, akan mengaktifkan terminal Raha Bangga di Kelurahan Unaaha Kecamatan Unaaha. Terminal tersebut akan menjadi pusat jalur transportasi yang menghubungkan antar kabupaten dan antar provinsi.

“Dalam waktu dekat ini akan kita aktifkan terminal itu,”tuturnya saat ditemui di Konawe, Kamis (8/8/2019).

Menurutnya, saat ini pihaknya baru akan menyurat ke Pemerintah Provinsi tentang hal ini. Harapannya Pemprov bisa bekerjasama menyetujui tentang kebijakan pemerintah daerah ini.

Dikatakan, jika diaetujui Pemprov, kata Gusli, terminal Rahabangga akan menjadi terminal pusat transit angkutan umum jalur Kolaka dan Kendari. “Jadi mobil angkutan umum yang dari Kolaka ke Kendari kita akan putus . Trayek akan membongkar penumpangnya ke terminal tersebut. Begitupun sebaliknya dari arah kota Kendari ke Kolaka harus singga dulu di Unaaha,”ujarnya.

Ia mengatakan, selama ini terminal transit trayek antar kabupaten dipusatkan di terminal Puwatu Kota Kendari. Sehingga Konawe sebagai daerah yang berada di tengah-tengah jalur darat antar kabupaten ini juga akan ambil bagian dalam rangka meningkatkan sumber pendapatan daerah.

BACA JUGA :  Bupati Konawe Tutup Sementara Perusahaan di Morosi

Kemudian di sisi lainnya untuk memberdayakan dan menghidupkan usaha jasa angkutan umum di Konawe itu sendiri. “Karena banyak supir angkutan kita dari Konawe jauh-jauh stanplas di terminal Puwatu menunggu penumpang. Nah setelah Terminal Rahabangga nanti beroperasi. Para supir angkutan ini sudah harus menunggu di terminal ini,”ujarnya.

Ia mengaku, terminal Rahabangga ini posisinya sudah sangat strategis. Karena letaknya berada di tengah jalur antar kabupaten. Bahkan antarprovinsi. Pendekatan lainnya karena berdekatan dengan pasar sentral Rahabangga itu sendiri. Sehingga sangat akan melengkapi aktifitas ekonomi masyarakat itu sendiri.

Ia menambahakan, pihaknya juga akan memperluas lokasi terminal tersebut, supaya angkutan umum lebih leluasa beraktifitas. Salah satunya akan memindahkan kolam renang, aset Diapora Konawe yang berdekatan dengan terminal tersebut. Dan memusatkan kolam renang ini di lokasi stadion dan Gedung Olah Raga (GOR) setempat. (Red***).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here