banner 728x250
Konawe  

Konsep Konawe Kota Padi Diperkenalkan di Forum Bisnis

banner 120x600
banner 468x60

UNAAHA, SULTRA HEADLINE.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menggelar forum Temu Bisnis di momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Konawe, Jumat (1/3). Forum Temu Bisnis itu dimaksudkan untuk menyatukan persepsi dalam mewujudkan konsep Konawe kota Padi yang dicetuskan Penjabat (Pj) Bupati Konawe Harmin Ramba. Selain diikuti jajaran Forkopimda, Temu Bisnis itu juga diikuti para mitra Pemerintah Kabupaten (Pemkab), salah satunya pihak perbankan di Konawe.

Pj Bupati Konawe Harmin Ramba mengatakan, Temu Bisnis merupakan forum diskusi dalam rangka menumbuhkan pelaku bisnis di Konawe. Dalam kesempatan itu, Harmin mengakui selama ini pembiayaan pembangunan daerah, hanya mengandalkan APBD dan anggaran yang sifatnya formal lainnya.

banner 325x300

“Kita tidak pernah mengandalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Padahal potensi sumber daya alam (SDA) di Konawe sangat besar,” ujar Harmin Ramba.

Kepala Badan Kesbangpol Sultra itu menuturkan, forum Temu Bisnis juga penting untuk menyatukan persepsi dalam mendukung terwujudnya Konawe kota Padi. Katanya, konsep Konawe kota Padi tidak ujug-ujug dicetuskan. Melainkan, telah melalui serangkaian proses panjang dan konsultasi di Bappenas RI.

“Maka sepakatlah kita buat konsepsi branding kota Padi dengan sektor andalannya pertanian. Yang dimaksud kota padi adalah bagaimana membangun hilirisasi pertanian pangan sampai ketingkat akhir,” ucapnya.

Mantan Camat Abuki itu menerangkan, untuk mendukung terwujudnya Konawe kota Padi, ia juga berencana membangun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bidang Pangan. Nantinya, BUMD itu bakal dikelola oleh Perusahaan Daerah (Perusda). Perusda bakal menyiapkan modal usah bagi petani, pupuk, termasuk pemasaran komoditas yang dihasilkan petani Konawe.

“Kalau kita mau bangun badan usaha bidang pangan menuju Konawe kota Padi, kita juga harus dekati mitra. Itulah para petani kita. Kita harus sediakan apa yang selama ini dikeluhkan petani. Pemkab juga akan mengupayakan BUMD Bidang Pangan untuk menggandeng perbankan,” imbuhnya.

Penulis: def

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.