banner 728x250

PT VDNI Lakukan Medical Check Up Berkala Pada Sejumlah Karyawan

banner 120x600
banner 468x60

UNAAHA, SULTRAHEADLINE. COM. PT Virtu Dragon Nikel Industri (VDNI) melakukan Medical Check Up (MCU) kepada Karyawannya, sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap kesehatan para pekerja. Hal tersebut juga sebagai bentuk penerapan Undang-undang (UU) Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yaitu pemeriksaan kesehatan karyawan secara berkala.

Head of Human Resources Kantor Pusat PT VDNI, Arys Nirwana saat dikonfirmasi usai melihat pelaksanaan MCU, Kamis (19/10/23) di wilayah Smelter PT VDNI. Yang menjelaskan bahwa MCU dilaksanakan oleh Perusahaan merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman, sehingga dapat mengurangi probabilitas kecelakaan kerja atau penyakit yang mengakibatkan menurunnya produktivitas kerja.

banner 325x300

“Salah satu program dalam upaya melaksanakan K3 tersebut adalah melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala kepada karyawan. Dan ini akan dilaksanakan selama Empat hari mulai hari ini sampai tanggal 22 Oktober,” katanya.

Lanjut Arys MCU saat ini dilakukan selama Empat hari ditargetkan untuk 1000 pekerja untuk divisi Smelter, dan nanti akan dilaksanakan lagi untuk divisi-divisi lainnya di PT VDNI yang beroprasi di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sultra itu.

“Pemeriksaan kesehatan meliputi antara lain pemeriksaan fisik umum, jantung, paru-paru, spirometri, mata, pendengaran, darah, gula darah, kolesterol, asam urat dan narkoba.
Kesehatan adalah salah satu hal yang penting, tanpa kesehatan yang baik, manusia tidak dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan optimal,” katanya.

“Dan jika sudah ada hasilnya dari pihak yang melakukan MCU, kami akan konsultasikan ke Dokter perusaahan untuk melakukan pendampingan kesehatan,” paparnya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sultra, Laode Muh Ali Haswandi yang juga menghadiri MCU karyawan PT VDNI di Site, mengapresiasi. Karena ini bentuk kepedulian perusahaan terhadap karyawan dan ini juga merupakan kewajiban perusahaan yang diamanahkan oleh UU K3.

“PT VDNI terus berkomitmen melaksanakan kewajibannya khususnya kewajibannya kepada karyawan. Dan MCU ini juga akan mengurangi resiko kecelakaan kerja, karena dengan kondisi Karyawan yang sehat pasti akan membuat pekerja lebih fokus dan terhindar dari kecelakaan kerja,” katanya.

Pimpinan Klinik Diagnostik Rapha, Dr. Gunawan yang memimpin MCU di PT VDNI mengatakan bahwa pengecekan kesehatan dilakukan selama Empat hari dengan target 1000 pekerja. Dimana setiap harinya 200 sampai 250 pekerja yang diperiksa.

“Alat yang kami bawa semua lengkap mulai dari EKG jantung, alat Rontgen, alat pengecekan darah, alat mengecek pendengaran dan beberapa alat lagi untuk memeriksa kesehatan para karyawan. Hasilnya pemerisaan keluar hari ini juga kemudian hasilnya kami serahkan ke perusahaan untuk melakukan tindaklanjut kepada karyawan yang memang kesehatannya terganggu,” tutupnya.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.