banner 728x250

Bupati Koltim Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Balai Sabha Agung Putemata

banner 120x600
banner 468x60

TIRAWUTA, SULTRAHEADLINE. COM. Pembangunan Balai Sabha Agung (Wantilan) Adat Eka Buana, Desa Putemata, resmi dimulai pada Rabu (05/04/2023). Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan Bupati Koltim Abd Azis SH MH.

Selain bupati dan masyarakat adat, turut hadir Ketua Adat Eka Buana Gede Putu Widiana, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Koltim Made Mulyana SPd, Kepala Bidang Binmas Hindu Kemenag Sultra Komang Sukayasa SE, dan Kadis Kominfo Koltim I Nyoman Abdi SPd MPd.

banner 325x300

Dalam sambutannya, Bupati Koltim mengaku, sangat mengapresiasi dan menghormati semangat dan mimpi besar pengurus adat yang menginisiasi adanya pembangunan gedung ini. Dikatakannya, gedung lama yang sudah berdiri hampir 50 tahun dan baru akan direhab total ini, sangatlah berarti bagi seluruh masyarakat adat.

“Kalau mau membangun jangan berfikir bagaimana dana dulu. Tetapi dengan kemauan dan tekad yang kuat, dengan niat suci semua pemangku seperti yang ditunjukkan hari ini, semua bias terlaksana. Dan pemerintah daerah akan mensupport hal ini,” ucap bupati.

Dikatakannya, dirinya hadir di Koltim untuk menjadi pemimpin semua masyarakat tanpa harus membedakan suku, agama, golongan dan lain sebagainya.

“Cemburu dan curiga itu ibarat rayap yang akan merusak pondasi cinta. Perbedaan itu adalah hal biasa, tapi bagaimana kita bisa persepsi dalam membangun Koltim kearah yang lebih baik,” terang 01 Koltim ini.

Di tempat yang sama, Ketua Adat Eka Buana, Gede Putu Widiana menerangkan, desa adat sangat kuat dan mendukung proses pelaksanaan keagamaan. Terbentuknya desa adat masih jaman kerajaan, sampai saat ini masih eksis didaerah perantauan dimanapun mereka berada.

“Jumlah kami saat ini di desa adat ini, kurang lebih dua ribu jiwa, yang tersebar di tujuh desa dan dua kecamatan yakni Loea dan Ladongi. Kami juga merasa bersukur dan bangga, karena pa bupati menerima perbedaan dan kemajemukan di Koltim ini. Jujur pak, barusan saya merasakan ada pemimpin yang membuka lebar-lebar ruang untuk diskusi tentang penbangunan di Koltim ini,” ucapnya.

Penulis: Dedy/SH

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.