Bupati Konawe Resmi Lantik 166 Kades Terpilih Periode 2022-2028

0

UNAAHA, SULTRAHEADLINE.COM. Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) Kery Saiful Konggoasa (KSK) resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan 166 Kepala Desa (Kades) terpilih periode 2022-2028, Senin (19/12/2022).

Dalam kesempatan itu, Bupati Kery memberikan ucapan selamat kepada 166 Kades terpilih pada pemilihan Kades serentak yang telah digelar pada 31 Oktober 2022 lalu. Menurutnya, kades terpilih merupakan orang-orang pilihan yang sudah terbukti berhasil merebut simpati mayoritas masyarakat di desanya masing-masing.

“Saya harapkan agar saudara-saudara agar selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan baik dan menjalankan amanah serta bekerja sepenuh hati dan ikhlas dalam memimpin dan melayani masyarakat Desa, serta mendukung pembangunan pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Nasional, ” harap Bupati dua periode itu.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu menuturkan, saat ini kades dituntut memiliki pengetahuan yang lebih agar lihai menampung semua aspirasi masyarakat di desa itu sendiri. Sebab itu pula, peran kades berada pada posisi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan otonomi daerah.

“Tugas yang cukup berat diemban oleh kades. Makanya, saya juga imbau masyarakat untuk mensupport kinerja kades terpilih dalam melaksanakan tugas pengabdiannya. Gali potensi yang ada di desa untuk membangun kearah yang lebih baik,” ujarnya.

BACA JUGA :  Penerimaan BLT Desa Diperpanjang Dua Bulan Mendatang

Kery juga berpesan kepada 166 kades terpilih agar segera membenahi masalah sumber daya aparatur, sumber pendapatan desa, serta penerapan manajemen yang baik demi terealisasinya penyelenggaraan pemerintahan di desa yang maju dan mandiri.

Terlebih saat ini, lanjutnya, pemerintahan di desa mendapat perhatian yang sangat besar dari pemerintah. Mulai dari Alokasi Dana Desa (ADD) dari pemkab, hingga Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat. Menurutnya, stimulus tersebut memang sangat mengurangi beban keuangan di desa. Namun disisi lain, hal itu menuntut tanggungjawab yang besar dari kades maupun masyarakat di desa tersebut.

“Pada kesempatan ini, saya juga mengucapkan terimah kasih kepada TNI, Polri, BPD dan panitia pemilihan tingkat desa yang telah melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab sehingga hari ini kita bisa melantik 166 Kades terpilih, ” tutupnya.

penulis: Dedy/SH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here