Pemkab Konawe Tekan Angka Stunting Lewat Intervensi Gizi

0

UNAAHA, SULTRAHEADLINE.COM. Langkah serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam menekan angka stunting di daerah itu secara masif dilakukan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut birokrasi yang dipimpin Kery Saiful Konggoasa intens melakukan sosialisasi dengan melibatkan para stakeholder serta melakukan intervensi gizi pada setiap Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan menjelaskan, persoalan stunting penting untuk diselesaikan, karena berpotensi mengganggu sumber daya manusia, tingkat kesehatan, bahkan kematian anak. Olehnya itu, diperlukan strategi serta program lintas sektor yang dapat dilaksanakan secara terencana di segala bidang.

“Pencegahan yang lebih penting, bukan saja masalah kekurangan protein, stunting juga dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya faktor lingkungan,” ujarnya.

Dalam menekan angka stunting, kata dia, pihaknya terus melakukan pemantauan dan pendataan di 28 Kecamatan yang ada di Konawe. Selain itu pihaknya juga telah menyalurkan bantuan makanan tambahan berupa susu protein tinggi terhadap ibu dan anak di setiap puskesmas.

BACA JUGA :  Cakades di Konawe Bisa dari Luar Desa

“Untuk masalah gizi, kita terus melakukan intervensi berupa pemberian protein tinggi dan sosialisasi. Kami juga memastikan suplai makanan mereka tetap ada setiap hari,” terang mantan Kepala BPKAD Konawe itu.

Mantan Kepala Kesbangpol Konawe itu melanjutkan, hal yang menjadi kendala utama dalam mencegah terjadinya stunting yakni faktor sanitasi, perilaku, dan juga pengaruh sosial.

“Faktor perilaku juga sangat mempengaruhi, misalnya ibu yang menyusui masih merokok, minum alkohol, atau pengaruh lingkungan yang tidak bersih bahkan pengaruh sosial. Meski demikian kita tetap berupaya untuk menekan angka stunting di Konawe,” tutupnya.

Penulis: Dedy/SH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here