banner 728x250
Konawe  

Bupati Konawe: Semoga Kita Diberi Peluang Pasar Ekspor Beras ke Luar Negeri

banner 120x600
banner 468x60

UNAAHA, SULTRAHEADLINE.COM. Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) Kery Saiful Konggoasa (KSK) mengklaim produksi beras di daerah yang dipimpin sangat melimpah setiap tahunnya.

banner 325x300

Bahkan beberapa tahun terakhir ini, daerah lumbung beras Sultra telah banyak memenuhi kebutuhan beras di beberapa daerah di Sultra, bahkan hingga di beberapa Provinsi di Indonesia.

Bupati KSK menjelaskan, daerahnya telah swasembada dan siap mengirim beras daerah, bukan hanya pada tingkat provinsi, nasional, tetapi juga ke tingkat internasional.

Bupati dua periode itu juga mengungkapkan, saat ini Pemkab Konawe tengah mencanangkan tiga kali panen dalam setahun. Sekali panen bisa mencapai 300 ribu ton gabah. Sedangkan Bulog Konawe hanya mampu menyerap hingga 17 ribu ton beras.

“Indonesia berencana akan ekspor beras ke Tiongkok sebanyak 2,5 juta ton. Ini peluang untuk kita di daerah, agar diberikan peluang pasar hingga ke luar negeri,” harapnya.

Untuk itu, lanjut mantan Ketua DPRD Konawe itu, pihaknya akan menyurat ke Presiden Jokowi. KSK akan meminta presiden untuk memberikan kuota ke daerah-daerah agar diberi peluang untuk melakukan ekspor beras.

“Jika permintaan ini berhasil, maka akan menjadi motivasi untuk para petani. Setidaknya motivasi tanam mereka bisa lebih meningkat karena pasaran beras mereka saat ini bukan hanya dalam negeri, tetapi juga mancanegara,” tutup politisi PAN itu.

Penulis: Dedy/SH

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.