banner 728x250
Konawe  

Cuaca Ekstrem Mengintai, Warga Konawe Diminta Waspadai Banjir

banner 120x600
banner 468x60

UNAAHA, SULTRAHEADLINE.COM. Masyarakat Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) diimbau untuk tetap waspada terhadap berbagai potensi bencana alam yang diakibatkan hujan deras dengan intensitas tinggi.

Pasalnya berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),
potensi terjadinya hujan deras yang disertai angin kencang sangat mungkin terjadi hingga beberapa pekan ke depan.

banner 325x300

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan, mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan ketika kondisi cuaca kurang bersahabat.

“Bencana bisa saja datang kapanpun. Sehingga, semua pihak harus siaga, termasuk masyarakat. Kita semua harus meningkatkan kewaspadaan akan potensi bencana alam,” ujarnya.

Mantan Kepala BPKAD Konawe itu mengatakan, ada berbagai potensi bencana alam yang mengintai daerah Konawe ketika memasuki cuaca ekstrem. Seperti angin puting beliung, longsor, pohon tumbang, hingga banjir.

“Yang paling dominan bencana alam di Konawe biasanya longsor, banjir, dan pohon tumbang, karena karakteristik wilayah Konawe yang ada di dataran tinggi dan rendah,” sebutnya.

Mantan Kepala Kesbangpol Konawe itu, meminta kepada instansi teknis dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk terus melakukan mitigasi bencana lewat sosialisasi kepada masyarakat.

“Pemerintah dan masyarakat harus sama-sama terlibat untuk mengurangi atau menekan risiko akibat bencana alam yang sewaktu- waktu dapat terjadi. Untuk itu pemerintah bersama masyarakat harus bersama-sama mewaspadai bencana yang kapan saja bisa terjadi,” tutupnya.

Penulis: Dedy/SH

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.