banner 728x250

DPMPTSP Sinergi Dengan Unilaki Menyusun Strategi dan Promosi Investasi di Konawe

banner 120x600
banner 468x60

UNAAHA, SULTRA HEADLINE.COM. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Konawe bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Kampus Universitas Lakidende (Unilaki) menggelar seminar akhir penyusunan dokumen serta strategi promosi penanaman modal dan penyusunan dokumen penetapan kebijakan kemudahan penanaman modal.

Dilaksanakan di Hotel Tiga Putra Unaaha , Kamis (14/07/2022). Turut hadir Kepala DPMPTSP Konawe H Burhan didampingi Kepala Bidang Kebijakan Penanaman Modal DPMPTSP Konawe Muliyadin dan Kepala LPPM Unilaki Dr. Jabal Arfa.

banner 325x300

Dalam sambutannya, Kepala DPMPTSP Konawe H Burhan mengatakan, adapun tujuan kegiatan ini untuk tersedianya dokumen yang mengatur baik itu tentang promosi penanaman modal maupun kebijakan penanaman modal.

Dikatakannya, sebagaimana diketahui bahwa masalah pertumbuhan ekonomi merupakan masalah perekonomian bagi suatu negara dalam jangka panjang ,termasuk di dalam daerah.

Sehingga pertumbuhan ekonomi dapat diukur prestasinya dari perkembangan suatu periode ke periode lainnya. Dimana , kata dia, kemajuan itu dapat dilihat dimana suatu daerah dalam menghasilkan barang dan jasa yang meningkat yang disebabkan oleh faktor-faktor produksi yang mengakibatkan bertambahnya jumlah dan kualitasnya.

“Sedangkan pertumbuhan ekonomi investasi di Konawe akan tergantung dan berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi itu . Oleh karenanya pemerintah harus mendorong agar daerah mampu membuat strategi mempromosikan investasi agar dapat mengurangi kesenjangan wilayah,” katanya.

Seminar akhir ini penting dilakukan , katanya, sebagai bentuk upaya bersama dalam mengawal investasi dengan cara memberikan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha . Sehingga Pemkab harus menginisiasi dan menyediakan dokumen tentang peta potensi, peluang investasi dan peta kawasan strategis di daerah Konawe.

“Kalau dilihat upaya promosi yang dilakukan daerah kurang maksimal. Padahal informasi ini penting untuk disampaikan supaya dapat mengajak investor untuk menanamkan modalnya di daerah ,serta memperkuat citra daerah sebagai lahan investasi ,” terangnya .

Sementara Kepala LPPM Unilaki , Dr Jabal Rahman mengakui, bahwa melihat prospek penanaman modal dan investasi setiap tahun di Kabupaten Konawe semakin meningkat . Terkait dengan hal itu, LPPM Kampus Unilaki mengambil insiatif untuk berkontribusi terhadap daerah di bidang kajian akademiknya yakni dengan membantu pemerintah daerah melalui DPMPTSP untuk bersinergi menyusun formulasi dokumen terkait kegiatan ekonomi dan investasi di Konawe yang lebih baik dan berkelanjutan.

“Selama ini kami (LPPM) Kampus Unilaki melakukan riset . Bahwa hasil temuan ini yang kemudian akan didorong kepada Pemkab sebagai eksekutor kebijakan untuk mengatur kegiatan pembangunan di bidang perekonomian daerah,” katanya .

Dikatakannya, bahwa pihak kampus Unilaki dalam melakukan kajian akademik akan mengedepankan kwalitas hasil. Sehingga tim bergerak melakukan riset menyusun formulasi dokumen secara netral.

Dengan harapan ,kata dia, dokumen tersebut dapat menghasilkan regulasi yang bermuara pada kemajuan ekonomi dan investasi di daerah tersebut.

Penulis (putri)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.