AKSI NYATA PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

0

Oleh : Popo Irnawati Sinolingga, S.Pd Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 4 Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara

PORSENI Melalui pekan olahraga dan seni tingkatkan prestasi, kreatifitas murid dalam bidang olahraga dan seni dengan menjunjung sportifitas.

FACT ( PERISTIWA )

Latar Belakang

Pendidikan menurut bapak pendidikan nasional Indonesia Ki Hadjar Dewantara (KHD) yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksud dari bapak pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat pada anak-anak agar mereka dapat mencapai kebahagiaan serta keselamatan baik untuk dirinya sendiri maupun masyarakat. Untuk dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang bermanfaat mereka dapat mengembangkan kekuatan kodrat yang dimiliki mereka dapat mengembangkan melalui pekan olahraga dan seni ( PORSENI ). 

Melalui PORSENI murid mengembangkan kekuatan kodrat mereka dengan memilih bidang olahraga dan seni yang mereka miliki sejak dini. Selain itu, melalui PORSENI murid dapat meningkatkan prestasi, kreatifitas, dalam bidang olahraga dan seni serta mampu menjunjung sportifitas yang tinggi sehingga menjadi manusia yang bermanfaat bagi bangsa dan Negara.

Alasan melakukan aksi nyata, Adapun alasan saya melakukan aksi nyata PORSENI adalah program lomba pekan olahraga dan seni ini merupakan salah satu program kokurikuler yang berdampak pada murid sehingga murid mampu mengembangkan kekuatan kodrat yang dimiliki menjadi berprestasi, kreatif, inovatif serta memiliki jiwa sportifitas yang tinggi. Selain itu, saya juga dapat mengaplikasikan ilmu yang saya dapatkan pada pembelajaran modul 3.3 Pengelolaan program yang berdampak pada murid. 

Hasil aksi nyata yang dilakukan

Koordinasi dengan ibu kepala sekolah

Langkah awal dalam pelaksanaan program lomba pekan olahraga dan seni kami melakukan koordinasi terlebih dahulu oleh ibu kepala sekolah selaku penanggung jawab pada program PORSENI.Pada sesi ini kami mengajukan rancangan yang terdiri dari pembentukan panitia pekan olahraga dan seni, persiapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, upacara pembukaan, pelaksanaan lomba, dan upacara penutupan sekaligus penyerahan hadiah bagi pemenang lomba PORSENI. Alhamdulillah berkat dukungan dari ibu kepala sekolah kami sebagai CGP di SMP Negeri 1 Lambuya selalu termotivasi untuk melaksanakan kegiatan yang kami telah rencanakan secara matang ini, semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar sesuai dengan rancangan yang telah kami buat. 

Aamiin,!!!

Pembentukan panitia lomba PORSENI

Pada kegiatan pembentukan panitia lomba PORSENI dibentuk masing-masing koordinator bidang olahraga dan seni dan terdiri anggota rekan-rekan guru dan staf tata usaha, dimana yang menjadi koordinator pada lomba olahraga adalah guru mata pelajaran PJOK dan yang bertindak sebagai kordinator pada bidang seni adalah guru mata pelajaran seni budaya. Terdapat juga rekan-rekan guru yang ditunjuk sebagai dewan juri pada bidangnya masing-masing. Semua rekan-rekan guru serta staf tata usaha yang ikut terlibat sebagai panitia kegiatan pekan olahraga dan seni ini sangat antusias dan bersemangat karena mereka mampu berpartisifasi dalam menumbuhkembangkan bakat murid sekaligus menjadi tempat refreshing setelah melaksanakan tugas sebagai pendidik.

BACA JUGA :  UAS Tingkat SD di Konawe Berakhir dan Berjalan Lancar

Upacara pembukaan PORSENI

Pada upacara pembukaan PORSENI diikuti oleh seluruh warga sekolah, yang dibuka langsung oleh ketua panitia kegiatan lomba PORSENI yaitu wakasek kesiswaan ibu Lukmina Supu, S.Pd. Setelah upacara pembukaan yang diikuti oleh seluruh murid SMP Negeri 1 Lambuya beserta wali kelas yang menjadi koordinator barisan devile perwalian mereka. Kegiatan upacara pembukaan pekan olahraga dan seni ini dilakukan murid dengan sangat bersemangat dan bahagia , mereka berbaris dengan sangat rapi sambil menyanyikan iyel iyel yang mereka buat bersama wali kelas. Selain wali kelas panitia lomba juga ikut devile, mereka menggunakan kostum olahraga yang dipakai setiap hari jum’at.

Feeling (Perasaan)

Tentunya rasa senang dan bahagia yang saya rasakan sebelum dan sesudah melaksanakan program lomba PORSENI. Pekan olah raga dan seni ini mampu meningkatkan prestasi murid, melatih kesabaran serta menciptakan murid yang kreatif dan inovatif demi mencapai kebahagiaan serta keselamatan bagi dirinya sendiri dan masyarakat. 

Finding (Pembelajaran)

Setelah melaksanakan aksi nyata pekan olahraga dan seni ini tentunya banyak pembelajaran yang bisa dipetik untuk saya pribadi sebagai seorang pendidik bahwa dalam menumbuhkembangkan kreatifitas anak didik saya tidak hanya berfokus pada pembelajaran didalam kelas melainkan diluar kelas juga sangat menjamin perkembangan anak kearah positif yang salah satunya adalah melalui kegiatan lomba PORSENI. 

Future (Penerapan kedepan)

Adapun hal-hal yang akan kami lakukan untuk penerapan program-program kedepannya antara lain : 

• Bersama dengan komunitas sekolah mengidentifikasi apa yang menjadi kelebihan serta kekurangan dari program tersebut. 

• Mengimplementasikan program yang berdampak pada murid dilingkungan sekolah. 

• Selalu komitmen terhadap jadwal program, melakukan monitoring dan evaluasi pada pengelolaan program.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here