Pemdes Nario Indah Salurkan BLT-DD Salur Enam, Realisasinya Tepat Waktu

0

UNAAHA, SULTRA HEADLINE. COM. Pemerintah Desa (Pemdes) Nario Indah Kecamatan Anggotoa Kabupaten Konawe , Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk salur ke enam tahun ini.

Dilaksanakan di Aula Pemdes setempat, Senin (14/7). Hadir Kepala Desa Nario Indah Relisman Sarnani, Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Kecamatan  Anggotoa Raslan, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPB) Menwa dan sejumlah aparatur pemerintah setempat.

Dikesempatan itu , Kasi Pemerintahan Kecamatan Anggotoa, Raslan meminta kepada sejumlah penerima BLT-DD desa setempat untuk dapat berpatisipasi aktif dalam setiap agenda penyaluran BLT-DD   ini. Karena menjadi kesempatan penting antara Pemdes untuk dapat memberikan informasi penting bagi masyarakat setempat.  Kemudian  sebaliknya masyarakat dapat memberikan sarana dan  masukan yang terkait dengan hal tersebut.

“Dalam beberapa kesempatan saya melihat animo masyarakat penerima BLT-DD kurang berpartisipatif. Dan hampir terjadi di semua desa Kecamatan Anggotoa,” katanya .

Ia berpendapat, merupakan suatu hal yang keliru jika masyarakat menganggap agenda penyaluran BLT-DD ini hanya sebagai acara ceremonial . Padahal , kata dia, menjadi momentum yang penting antara pemerintah dan masyarakat setempat bisa saling berdiskusi.

“Sebenarnya agenda penyaluran ini penting dihadiri oleh masyarakat. Supaya kalau ada problem, misalnya saran dan masukan  yang terkait dengan kebijakan Pemdes dapat didiskusikan di tempat ini. Seperti soal penentuan penerima BLT-DD. Karena  yang saya dengar rumor masih adanya masyarakat yang kurang puas dengan keputusan itu. Meski Pemdes telah menjalankan sesuai mekanisme yang ada,” katanya .

BACA JUGA :  PMI Salurkan Sembako di Daerah Rawan Covid

Ia mengatakan , sebenarnya dalam agenda penyaluran BLT-DD menjadi sarana yang paling etis untuk mengutarakan keluh dan kesah bagi masyarakat . Karena menjadi agenda  formal untuk menyalurkan pendapat. Apalagi, kata dia , disaksikan secara langsung oleh seluruh unsur, yakni pemerintah dan aparaturnya , pemerintah kecamatan , pendamping desa ,  Babinkantibmas dan Babinsa.

“Bukan justru keluh kesah itu disuarakan ditempat lain . Sehingga menjadi rumor atau hoaks. Apalagi kalau disampaikan  melalui facebook.karena itu sangat tidak etis,” katanya.

Sementara Kepala Desa Nario Indah mengatakan,  untuk kesempatan ini Pemdes menyalurkan BLT-DD untuk salur ke enam tahun ini.
Menurutnya , untuk penyaluran BLT-DD di Nario Indah   sesuai jadwal  yang realisasinya pembayarannya sesuai dengan bulan berjalan.

Ia mengakui, bahwa pada tahun anggaran 2022 ini terjadi penambahan kuota kelompok penerima manfaat (KPM). Bahwa di tahun sebelumnya hanya berjumlah 29 orang, namun di tahun ini  bertambah jumlahnya yakni 75 orang. Dengan jumlah BLT yang disalurkan sebesar Rp300 per bulan / KK.

“Tahun ini alokasi anggaran BLT-DD sebesar 40 persen dari total pagu DD Nario Indah. Dan implementasinya  transparan dan akuntabel sesuai dengan regulasi yang ada,” tuturnya .

Penulis : Ibas





TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here