2023 Honorer Dihapus, Sekda Konawe Harap Mereka Diberi Ruang ikut Seleksi CPNS

0

UNAAHA, SULTRAHEADLINE.COM. Kabar penghapusan tenaga honorer di seluruh Indonesia pada November 2023 mendatang, tengah menjadi trending topik beberapa pekan terakhir ini.

Hal tersebut menyusul surat yang diterbitkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) bernomor B/185/M.SM.02.03/2022 pada 31 Mei 2022.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) DR. Ferdinand Sapan yang dikonfirmasi mengenai hal ini, mengaku Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe masih sangat membutuhkan tenaga honorer yang jumlahnya sekitar ribuan orang.

“Tapi meski demikian, ini merupakan kewenangan pemerintah pusat. Untuk itu kami akan mencarikan solusi yang tepat untuk mereka. Sebab, tenaga honorer itu juga bagian dari tanggungjawab kita. Tidak boleh kita melihat mereka sebagai sesuatu yang ditelantarkan,” terangnya.

BACA JUGA :  Bumil di Morosi Ini Terpaksa Melahirkan di Mobil Pick Up

Ferdinand berharap agar pemerintah pusat juga memikirkan solusi terkait wacana penghapusan tenaga honorer yang mengabdi di daerah. Dirinya menawarkan 2 opsi antisipasi yang bisa dilakukan pemerintah pusat sebelum memberlakukan kebijakan tersebut.

Opsi pertama, lanjutnya, pemerintah bisa memberikan ruang bagi tenaga honorer untuk ikut seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ataupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Dan opsi kedua, tenaga honorer itu dapat ditampung lewat outsourcing oleh lembaga-lembaga yang bisa menjamin honorer tersebut nantinya punya keterampilan khusus bahkan lebih,” harapnya.

Penulis: Dedy/SH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here