Pemdes Korumba Wajibkan Penerima BLT-DD Sudah Vaksin Kedua

0

UNAAHA, SULTRA HEADLINE.COM. Pemerintah Desa (Pemdes) Korumba mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahun anggaran 2022 ini. BLT-DD yang disalurkan langsung secara tunai selama tiga bulan berjalan yakni Januari -Maret.

Dengan rincian penerimaan Rp300 ribu per KPM. Sehingga total nilai penyaluran per orang sebesar Rp900 ribu tanpa potongan .

Dilaksanakan di Balai Desa Korumba, Senin (11/04/2022). Hadir menyaksikan Kasi PMD Camat Anggota Raslan, Babinkantibmas Bripka Irham , Babinsa Praka Kalfin Jupiter , Pendamping tekhnis kecamatan Suhri dan Pendamping Desa Abdul Rahim Hakim.serta sejumlah aparat desa dan BPD sempat.

Camat Anggota sekaligus PLT Desa Korumba Syaifuddin K ,mengatakan, dalam penyaluran BLT-DD di Korumba pihaknya mewajibkan sejumlah Kelompok Penerima Manfaat (KPM) untuk melengkapi administrasi kependudukannya , seperti KTP dan kartu keluarga. Serta syarat lainnya seperti kartu vaksin.

“Bahwa kartu vaksin menjadi syarat pendukung utama . Karena hal ini menjadi kewajiban bersama dalam mendukung penanganan covid 19,” katanya.

Karena menurutnya, Desa Korumba serta beberapa desa lainnya di Kecamatan Anggotoa terbilang minim partisipasi melalukan vaksin. Utamanya vaksin kedua . Sehingga dalam momentum ini ia memberikan ultimatum kepada warga setempat ,khususnya kepada penerima BLT-DD untuk wajib melampirkan kartu vaksin keduanya pada penyaluran tahap nanti.

“Untuk kesempatan ini kami akan memberikan kebijaksanaan. Tetapi penyaluran BLT susulan yang direalisasi pada Maret ini juga tidak akan ada lagi toleransi. Semua KPM harus sudah melampirkan kartu vaksin kedua ini. Kalau tidak ada ,yah .tidak akan kita layani,” paparnya .

Dikatakannya, sesuai dengan anjuran kuota tahun ini bahwa dalam pembiayaan DD di masing-masing desa perlu mengalokasikan 40 persen untuk BLT-DD dari total jumlah DD desa bersangkutan.

BACA JUGA :  Ada Sabotase pada Perekrutan TKL di Morosi, Wabup: Kita Lawan

Sehingga melalui instruksi tersebut Pemdes Korumba telah menambah kuota penerima BLT-DD tahun ini ,dari jumlah sebelumnya yakni 20 orang kemudian bertambah jumlahnya sebanyak 81 orang .

Kebijakan itu adalah bentuk keberpihakan pemerintah secara berjenjang (pusat dan daerah) terhadap masyarakat mengenai situasi pandemi covid 19 yang mempengaruhi ekonomi masyarakat.

Sehingga dengan itu ,kata dia, masyarakat perlu mendukung program pemerintah dalam menuntaskan persoalan pandemi covid 19 ini, diantaranya mendukung program vaksinasi nasional ini .

“Jadi masyarakat ,termasuk KPM ini punya kewajiban kepada Negera . Negara sudah membantu masyarakat. Sehingga masyarakat harus pula melaksanakan kewajibannya yakni melakukan vaksin ,” katanya .

Ditempat yang sama, Pendamping tekhnis kecamatan Suhri mengatakan, penetapan jumlah KPM di Desa Korumba sudah sesuai juknis .

Ia menjelaskan, penentuan nama-nama penerima BLT-DD di desa ini tidak dilakukan hanya di atas meja tanpa melakukan survey dan validasi.

Bahwa penentuan nama penerima BLT-DD di Korumba merupakan hasil dari survey oleh tim verifikator. Yang di dalamnya , lanjutnya, melibatkan perwakilan dari elemen masyarakat setempat ,seperti tokoh masyarakat dan pemuda serta unsur pemerintah dan aparatur desa serta pendamping tekhnis lainnya yang berwenang .

“Syaratnya memang ketat. Ada indikator penilaiannya yang diatur oleh regulasi bukan berdasarkan penilaian subjektif masyarakat. Syarat itu diantaranya bagi calon penerima kondisi ekonomi keluarga berstatus warga miskin ekstrim. Serta tidak sedang menerima bantuan yang bersumber dari pos anggaran yang sama (APBN),” katanya .

“Sehingga masyarakat yang belum mendapatkan BLT-DD untuk tidak berkecil hati. Karena program pemerintah bukan saja di BLT ini. Tetapi ada kegiatan pemberdayaan lainnya yang dapat membuka peluang kerja dan memberikan ruang penghasilan baru untuk warga desa sekitarnya,” tutupnya . ***

Penulis : ibas

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here