Cuci Darah di RS Konawe Gratis , Sudah Biayai BPJS

0

UNAAHA, SULTRA HEADLINE.COM. -Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konawe , Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 1 Januari 2022 mulai melayani pasien gagal ginjal yang akan melakukan cuci darah atau hemodialisis secara gratis. Hal ini merupakan terobosan baru, apalagi didukung dengan peralatan yang super canggih dari Jepang berstandar internasional.

Direktur BLUD RSUD Konawe dr Agus Lahida mengatakan, bahwa berdasarkan angka kasus penderita ginjal di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) cukup tinggi , diantaranya di Kabupaten Konawe . Namun sangat disayangkan, kata dia, sangat sulit mendapatkan rumah sakit yang sudah memiliki alat cuci darah. Dan RS yang selama ini menjadi rujukan masyarakat di Sultra yakni diantaranya RS Bahterahmas dan RS Swasta Santaana Kota Kendari.

“Kami sangat perihatin. Ketika ada pasien penyakit ginjal dari Konawe yang harus melakukan perawatan intensif yakni cuci darah harus kita rujuk ke Kendari. Ya. Syukur kalau pasien itu mampu secara ekonomi . Tapi kalau tidak . Terpaksa pasien bersangkutan hanya bisa pulang kembali kerumahnya dan pasrah, sedangkan kita sendiri tidak bisa berbuat apa”katanya .

Atas dasar itu, pihaknya yang didukung dengan pemerintah daerah (Pemda) setempat berupaya mendatangkan peralatan pelayanan medis itu. Kemudian menyiapkan petugas ahli dan perawatnya. Tujuannya untuk mendekatkan pelayanan kesehatan supaya masyarakat di Konawe pada khusus dapat mendapatkan pelayanan ,tanpa harus keluar daerah .

“Alhamdullah , sudah mendapat persetujuan dari BPJS. Dan BPJS bersedia membiayai beban perawatan tersebut ,” paparnya.

BACA JUGA :  Pengumuman Pemanggilan CTKL Divisi Dump Truck Tahap 27 PT VDNI

Ia mengatakan, sistem kerja alat cuci darah bagai pasien gagal ginjal yang ada di RSUD Konawe tidak kalah canggih dengan RS lainnya . Bahwa Keunggulannya , sistem Reverse Osmosis (RO) dapat membersihkan ginjal secara steril. Dan hal ini sudah teruji terbaik sesuai standar kesehatan internasional .

“Apa yang kita lakukan ini sertamerta untuk mendukung program pemerintah dalam mensejahterahkan masyarakat , utamanya di bidang pelayanan kesehatan . Bahwa pada prinsip nya yang sehat tidak harus yang mampu. Tetapi yang tidak mampu secara ekonomi juga berhak hidup dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama,” katanya .

Sementara Bupati Konawe , Kery Saiful Konggoasa mengatakan, bahwa aspek pelayanan kesehatan merupakan salah satu prioritasnya. Karena sehat merupakan kebutuhan dasar setiap insan manusia .

“Namun dalam aspek kebijakan . Pemerintah terus menyeimbangkan bidang pelayanannya supaya dapat merata kepada masyarakat tanpa pandang status tertentu ,” katanya.

Olehnya itu, ia bertekad selama masih memimpin di Konawe akan menjadikan BLUD RSUD Konwe sebagai rujukan masyarakat baik yang berada di Konawe maupun di luar Konawe itu sendiri.

“Sehingga standar pelayanan harus lebih maksimal sesuai dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri . Sehingga tugas kami yakni menyediakan fasilitas dan tenaga profesionalnya. Jadi masyarakat Konawe tidak perlu jauh-jauh ke Kendari atau ke Makasar. Karena di sana juga sudah ada ,” katanya. (Adv)

Penulis : redaksi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here