Bupati Konawe Monitoring Lokasi Pembangunan Infrastruktur di Onembute

0

UNAAHA.SULTRAHEADLINE.COM. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali berkomitmen menggelontorkan alokasi anggaran untuk membangun infrastruktur di daerah itu. Salah satunya adalah rencana pembangunan jembatan di Kecamatan Onembute yang rusak diterpa bencana alam ditahun 2019 silam.

Kepastian itu diketahui saat Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa memonitoring lokasi rencana pembangunan infrastruktur yang lokasinya berbatasan dengan kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Senin (4/10/2021).

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Konawe itu langsung mengintruksikan instansi terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) agar secepatnya melakukan pembangunan infrastruktur di Onembute diantaranya peningkatan kualitas jalan, pembangunan drainase dan jembatan.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur di Onembute sangat dibutuhkan masyarakat, karena jika infrastruktur penunjang seperti jalan maupun jembatan yang memadai, tentunya dapat menunjang aktivitas pergerakan ekonomi masyarakat di daerah itu.

“Mudah-mudahan progres pembangunan kegiatan fisik ini bisa selesai dengan tepat waktu, sehingga memberi dampak bagi masyarakat Konawe tentunya,” tutur Bupati dua periode itu.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Konawe, Noor Jannah mengatakan progres peningkatan kualitas jalan maupun jembatan di Onembute bakal dianggarkan pada tahun 2022 mendatang.

BACA JUGA :  Musdes: Pemdes Uelawu Persentase Hasil Pendataan SDGs

“Untuk jembatan, kita akan perbaiki yang terkena bencana tahun 2019. Titiknya itu jembatan berada di poros Onembute-Trimulya. Jembatan itu harusnya masuk Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) di BPBD. Tapi karena anggaran pusat tidak turun jadi kita anggarkan di PUPR. Bentangannya itu 7 meter dengan estimasi anggaran Rp 900 juta,” ungkap Noor Jannah.

Ditambahkannya, terkait perbaikan jalan di Onembute, pihaknya bakal melakukan pengukuran terlebih dahulu berapa panjang jalan yang bakal diaspal. Nanti setelah diukur, barulah bisa dipastikan berapa akumulasi anggaran yang bakal diporsikan melalui kas daerah.

“Untuk pengaspalannya, ada diruas Onembute-Anggaloosi dan ruas Onembute-Ulumeraka. Perkerasan jalan ada di beberapa titik, salah satunya diruas Onembute-Napoosi. Terus kita ada juga rencana pengaspalan di wilayah Uepai menuju Tawamelewe. Kalau yang menuju tempat pengolahan pasir itu kita cuma pengerasan saja,” tutupnya.

Penulis: Dedy/SH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here