Pemdes Uete Gelar Musdes Sahkan Hasil Pendataan SDGs

0

SULTRA HEADLINE.COM. Pemerintah Desa (Pemdes) Uete, Kecamatan Konawe, Kabupaten  Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar musyawarah desa (Musdes) dalam rangka menetapkan hasil Pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) di desa setempat  tahun 2021. Dilaksanakan di Balai Desa Uete, Kamis (03/06/2021).

Turut hadir Camat Konawe Sitiana, pendamping desa dan Babinkamtibmas , relawan dan aparat desa setempat .

Kepala Desa (Kades ) Uete, Ali Iswanto mengatakan, bahwa sejumlah relawan atau tim pendataan SDGs di Desa Uete telah  tuntas 100 persen melaksanakan tugasnya. Kemudian, hasil dari implementasi pendaatan itu yang kemudian dipersentasikan kepada seluruh pihak melalui Musdes , dan selanjutnya disahkan.

“Sejumlah tim pendataan SDGs yang kami bentuk dari masyarakat Uete telah menyelesaikan tugasnya . Dan alhamudulillah tidak ada kendala  atau sanggahan dari berbagai pihak yang hadir . Artinya tidak ada problem, dan hari ini  resmi kami tetapkan melalui Musdes ,” tuturnya.

BACA JUGA :  Pengumuman Tes Swab Yang Lulus Tes Lapangan Operator Loader Tahap 4 PT OSS

Ia mengatakan, bahwa para tim pendata SDGs memang benar-benar turun melakukan pendataan sesuai dengan tuntutan instrumen survey. Dimana item survey yang dimaksud ialah survei desa, survei RT, survei keluarga, dan survei individu.

“Sedangkan hasil pendataan itu sudah sangat akurat dan terstruktur,” katanya.

Ia menambahkan, tujuan dari pendataan SDGs itu diantaranya  secara  terpadu dapat mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, dan desa peduli pendidikan.

“Bisa dibilang hasil pendataan SDGs ini akan menjadi patron kami dalam menentukan program prioritas secara berkelanjutan . Karena memiliki indikator data, misalnya untuk data kemiskinan bisa menjadi tolak ukur sejauh mana  keberhasilan atas dampak dari kebijakan di desa kami untuk mengurangi warga miskin,” paparnya. (B)

Penulis : Ibas
Editor : Red

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here