Musdes: Pemdes Uelawu Persentase Hasil Pendataan SDGs

0

UNAAHA, SULTRA HEADLINE.COM. Pemerintah Desa (Pemdes) Uelawu Kecamatan Konawe Kabupaten Konawe , Sulawesi  Tenggara (Sultra) tuntas melaksanakan pendataan berbasis SDGs. Pemutakhiran data difinalkan dan disahkan melalui (Musdes) di Balai desa setempat , Senin (31/05/2021).

Hal itu dikatakan Kades Uelawu, Nurdin usai Musdes.

Melalui Musdes itu,  seluruh tim dan relawan sukses mempersentasekan hasil pendataan SDGs Uelawu sesuai rincian instrumennya.

Dikatakannya, pemutakhiran data berbasis SDGs di Desa Uelawu  merupakan wujud implementasi  dari program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang jadwalnya mulai dilaksanakan pada 1 Maret-31 Mei 2021.

“Kegiatan pendataan data berbasis SDGs, selain bertujuan melakukan validasi data untuk pembangunan desa, juga merupakan wujud untuk memberdayakan masyarakat desa . Karena tim atau relawan direkrut dari masyarakat setempat yang dianggap kompeten melaksanakan tugas pendataan. Serta mendapatkan insentif yang bersumber dari dana desa tahun berjalan,” paparnya.

BACA JUGA :  150 Ribu Ha Wilayah Konawe Diserobot Secara "Berjamaah", Pemkab Ancam Menyurat ke Kemendagri

Ia mengaku, pemutakhiran data berbasis SDGs desa adalah pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detil dan dapat memberikan informasi desa lebih kompleks . Juga sebagai wujud perbaikan data-data desa yang selama ini dianggapnya belum akurat .

Melalui kesempatan itu, Nurdin mengaku, mengapresiasi pelaksanaan pemutakhiran data SDGs di Desa Uelawu dapat diselesaikan sesuai jadwal yang ditetapkan . Dan hal itu , kata dia, dapat terwujud atas dasar kerjasama yang baik oleh seluruh pihak, seperti pemerintah kecamatan dan pendamping desa . Karena melalui bimbingannya semua persoalan di lapangan dapat diselesaikan.

“Dan dengan  potensi sumber daya manusia (SDM) di Desa Mokowu  itu , impelementasi pendataan SDGs di desa kami ini  dapat maksimal terlaksana dengan baik,” tuturnya . (B)

Penulis : Ibas
Editor : Red









TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here