Warga Antusias Nantikan Peresmian Jembatan Rahabangga, Wabup Konawe : Direalisasikan Tahun ini

0

UNAAAHA.SULTRAHEADLINE.COM. Peresmian jembatan Rahabangga yang berada di Desa Ameroro, Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga saat ini masih dinanti-nantikan warga. Pasalnya rencana peresmian jembatan tersebut membawa harapan baru bagi masyarakat Konawe.

Kabar peresmian jembatan yang menghubungkan Kota Unaaha, dengan beberapa Kabupaten sudah berhembus sejak tahun lalu. Namun hingga kini masih belum ada kepastian kapan jembatan itu akan diresmikan. Padahal jika jembatan itu terealisasi, pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Uepai dan sekitarnya bisa semakin terpacu.

Sebagaimana diketahui, untuk saat ini warga dan para pengguna jalan masih menggunakan jembatan yang lama, meski kondisinya sudah tidak layak untuk dilewati. Posisinya yang miring akibat diterjang banjir pada juni 2019 lalu, membuat para pengguna jalan yang melintas selalu was-was, ditambah lagi selalu terjadi kemacetan pada pagi dan sore hari.

Abdullah, warga Kecamatan Uepai menyebut, jika jembatan baru itu selesai, petani di daerahnya, akan semakin mudah memasarkan produk pertanian dan perkebunan di pasar Rahabangga yang berada di seberang jembatan.

“Jika mau ke pasar bawa dagangan, kami selalu berangkat lebih cepat. Karena di jembatan itu kerap terjadi kemacetan yang panjang. Sehingga biasa menunggu berjam-jam untuk bisa lewat jembatan itu,” katanya, Jumat (09/04/2021).

Bapak empat anak itu berharap agar jabatan itu
dapat segera terealisasi. Karena dengan adanya Jembatan baru ini, selain mengurai kemacetan dan mempermudah akses juga akan berdampak sangat luas terhadap perekonomian.

“Informasi yang kami dengar dulu, katanya jembatan baru ini akan dibuka pada tahun 2020 lalu tapi ternyata batal. Tapi kami sangat berharap mudah-mudahan tahun sudah benar-benar bisa dipakai,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan warga Uepai lainnya, Sukanto. Kata dia, tidak sedikit masyarakat yang menanyakan kejelasan rencana peresmian jembatan itu. Wajar saja masyarakat bertanya karena isu ini sudah berhembus cukup lama. Dan warga sangat mengharapkan adanya jembatan yang lebih aman.

BACA JUGA :  Penerimaan BLT Desa Diperpanjang Dua Bulan Mendatang

“Jujur saja, saya sebenarnya takut-takut juga lewati jembatan yang lama, karena posisinya sudah miring, apalagi sering dilalui sama mobil-mobil yang besar. Tapi mau bagaimana lagi, sudah itu jalur satu-satunya mau ke Kota Unaaha, mau tidak mau harus tetap dilewati,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Konawe, Gusli Topan Sabara yang dikonfirmasi pada akhir pekan ini, memastikan jika peresmian jembatan Rahabangga yang baru akan direalisasikan pada tahun ini.

“Rencananya jembatan ini sudah selesai pada 2020 lalu, namun karena ada beberapa kendala sehingga baru akan direalisasikan pada tahun ini. Karena berdasarkan koordinasi dengan pihak penanggung jawab jembatan ini sudah memasuki tahapan finishing, jadi tinggal menunggu saja waktu peresmiannya,” jelasnya.

Dikatakannya, kehadiran jembatan yang baru ini diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, hasil produksi pertanian masyarakat bisa dengan mudah sampai ke Ibukota Unaaha, disamping juga sebagai akses sarana untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

“Jembatan Rahabangga merupakan penghubung antar daerah kabupaten karena merupakan jalur Provinsi. Selain itu, jembatan ini juga menghubungkan beberapa banyak desa di Konawe. Sehingga sangat wajar jika warga mempertanyakan peresmiannya,” tutur mantan Ketua DPRD Konawe itu.

Untuk diketahui, pemerintah pusat dalam hal ini Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XXI Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengucurkan dana sekitar Rp 95,52 miliar untuk pembangunan dua jembatan yakni jembatan Asera di Kabupaten Konawe Utara (Konut) dan jembatan Rahabangga di Konawe.

Penulis : Dedy/SH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here