Unilaki Ditangan Prof Rostin Fokus Peningkatan Akreditas

0
Rektor Unilaki yayasan Lakidende Rasak Porosi, Prof HJ Rostin saat menyerahkan sertifikat akreditasi kepada salah satu ketua jurusan di kampus tersrbut. Foto: Doc/ SH.

UNAAHA, SULTRA HEADLINE.COM. Sebanyak tiga program studi dari fakultas yang berbeda di Universitas Lakidende Yayan Lakidende Rasak Porosi Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) naik status akreditasi B , masing-masing Program studi ilmu hukum, Program studi agribisnis dan program studi adminstrasi negara.

Capaian itu merupakan perstasi yang paling membanggakan sejak berdirinya Kampus Unilaki tersebut. Dan setelah terakreditasinya di level B, 3 jurusan itu akan menjadi siprit oleh jurusan lainnya di Unilaki untuk mengejar ketertinggalannya.

Hal itu dikatakan Rektor Rektor Unilaki , Prof. Dr. Hj Rostin ,SE.MS dalam sebutannya pada acara syukuran yang dirangkaikan maulid nabi di aula kampus setempat, Kamis (5/11/2020). Turut hadir ketua Pembina Yayasan Lakidende Rasakan Porosi, HJ Sitti Aminah Rasakan Porosi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud)  Suryadi serta jajaran jajaran tertinggi kampus, dosen dan mahasiswa.

Dalam kesempatan itu, mantan Fakultas Ekonomi Unvaeritas Halu Oleo (UHO) Kendari ini mengatakan, pencapaian ini harus menjadi semangat bagi jurusan lain , supaya dapat mengejar prestasi tiga jurusan ini.

“Kami menargetkan sekitar 60 persen jusuran yang ada di Unilaki sudah terakreditasi B. Baru kita usulkan reakreditasi untuk institusi kampus,” paparnya.

Dikatakannya, saat ini jumlah fakultas di Unilaki sebanyak 6 fakultas dan 9 jurusan. Dan ia menargetkan  semua bidang fakultas dan jurusan yang ada harus naik level akreditas paling tidak dari c menjadi b.

Ia mengaku, saat ini pihaknya sudah mempersiapkan segala perlengkapan administrasi dan rencananya akan diusulkan pada 2021 mendatang. Beberapa jurusan yang berpotensi naik status yakni diantaranya,  jurusan adminstrasi negara, teknik sipil dan tiga jusuran lainnya di FKIP.

“Kami melihat potensi jurusan yang dimaksud bisa menembus akreditas b, menyusul tiga jurusan tesebut (jurusan yang sudah mendapat akreditasi b) . Karena dari segi indikator penilaian akreditasi  ini , persentasenya sudah maksimal untuk memenuhi persyaratan dikti,” terangnya.

BACA JUGA :  Dikbud Konawe Anjangsana di Routa Serahkan Bantuan Geser 1000

Menurutnya, berdasarkan  penilaian  asesor  bahwa 9 indikator penilaian akreditasi diantaranya yakni impelementasi visi-misi, output mahasiswa dan alumni , kurikulum dan sarana- prasarana , tenaga kependidikan, penelitian dan pengabdian  dan bidang kerja sama. Ke -9 item itu dapat dijabarkan menjadi 100 item penilaian. Sehingga hal ini menjadi tugas berat kampus untuk memaksimalkan implementasinya itu supaya mendapat pengakuan akreditas yang baik .

“Sebenarnya indikator yang disebutkan ini sudah lama diterapkan dalam kampus , namun saja belum maksimal direalisasi. Namun hal itu perlu dipahami karena masih adanya kendala dan keterbatasan. Sehingga menjadi tugas kami bersama pihak yayasan untuk memaksimalkan ini di lingkup kerja civitas akademik Unilaki,” terangnya.

Dikesempatan itu, ia juga mengajak kepada  berjumlah 1300 mahasiswa dan 100 tenaga pengajar yang ada di kampus Unilaki untuk turut bersama mendukung terwujudnya visi-misi kampus. Karena merupakan sebuah prestasi yang membanggakan ketika akreditas ini bisa dicapai , karena sangat akan menentukan level dan kualitas kampus ini kedepannya .

“Kemudian kita juga menargetkan . Manakalah semua jenjang institusi kita sudah mencapai akrditasi yang baik, mulai dari jurusan, fakultas sampai pada universitas. Maka kampus Unilaki siap membuka jurusan pasca sarjana. Terget jurusan meliputi jurusan S2 ekonomi , Mejemen dan Agribisnis,” jelasnya.

“Harus menjadi harapan kita semua  supaya kedepannya kampus ini menjadi berkembang  dan lebih baik  . Karena jika kampus ini menjadi baik, maka akan ada  banyak yang akan mendapat manfaat dari kehadiran institusi pendidikan  ini. Utamanya terhadap daerah dan masyarakat setempat. Sehingga wujud dari dukungan ini, mari kita bersama-sama membantu  mewujudkan akreditas, sebagai bentuk konsistensi kita merealisasikan pembangunan pendidikan kita di tanah Konawe, termasuk juga peran Pemda setempat,” tutupnya.

Penulis : Ibas
Editor : Red

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here