banner 728x250
Konawe  

Pertumbuhan Ekonomi Konawe Meningkat

banner 120x600
banner 468x60

UNAAHA.Sultraheadline.com.Pemerintah Kabupaten Konawe melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Konawe , Sulawesi Tenggara (Sultra) ke- 60/ 2020 ini. Dipimpin langsung Bupati Konawe Kery Siaful Konggoasa didampingi Wakil Bupati Gusli Topan Sabara. Dilaksanakan di lapangan Bumi Perkemahan Eksekutif Sulemandara, Selasa (3/3/2020).

banner 325x300

Turut hadir Muspika, unsur pimpinan dan Anggota DPRD serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat. Pesertanya dari unsur Aparatur Sipil Negara (ASN) , kelompok paguyuban, masiswa dan pelajar.

Dalam sambutannya, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, momentum HUT Konawe merupakan semangat merefleksi pembangunan daerah.

“Dengan perayaan HUT Konawe ini . Saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama memfokuskan tujuan mengawal pembangunan di Konawe. Karena tujuan bersama kita adalah bagaiman memajukan daerah yang kita cintai bersama ini ,” terangnya.

Ia berharap, kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat berkerja sama mewujudkan cita-cita bersama itu . Dan dapat membawa kegemilangan bagi tanah leluhur sekarang maupun yang akan datang.

Menurutmya, Konawe merupakan salah satu daerah episentrum di Sultra yang dalam konteks sejarah turut mengawal pendirian provinsi Sultra, dengan kompleksitas potensi kedaerahannya, menjadikan daerah ini menjadi pusat ekonomi dan budaya.

Atas dasar itu, kata dia, sebagai pucuk pimpinan daerah, ia akan terus memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat Konawe dan memimpin kemajuan pembangunan daerah setempat. “Kemajuan itu akan kita mulai di Konawe menuju Sultra Gemilang,” terangnya .

Dikatakannya, menjelang dua tahun berjalan di masa periode pemerintahan ini, ada berbagai macam capaian yang dapat diraih. Hal ini karena kerja keras seluruh elemen masyarakat mendukung jalannya roda pemerintahan . Termasuk dukungan dan sinergitas DPRD setempat yang tupoksinya sebagai pengawas kebijakan daerah.

Sambutan Bupati Konawe yang dibacakan Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara pada rapat paripurna DPRD dalam rangka HUT Konawe ke-60.

Dapat dilihat keberhasilan positif pemerintah saat ini, bahwa secara indikator makro pembangunan ekonomi mengalami kegemilangan, termasuk pembangunan infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Meski di awal pemerintahannya sempat terjadi musibah yakni banjir besar yang merusak sendi-sendi ekonomi dan sosial.

Di masa pasca banjir tersebut sangat erat kaitannya pengaruhnya terhadap kebijakan belanja daerah dimana terjadi dua pilihan yang sanksi yakni mengutamakan pemenuhan kebutuhan korban banjir yang harus diperhatikan dan dijamin kesejahteraannya. Disisi lain pentingnya perbaikan infrastruktur dan sarana prasarana. Pilihan itu mempengaruhi belanja rutin daerah . Sehingga mengorbankan beberapa aspek pembiayaan termasuk perangkat daerah.

Namun dengan kebijakan yang tepat itu. Pemkab dapat keluar dari masalah itu dan saat ini telah menghasilkan solusi yang baik.

“Sehingga menjelang dua tahun berjalan ini. daerah Konawe bisa lepas landas dari keterpurukan itu. Pembangunan ekonomi dan sosial dapat bergerak cepat dan mengantarkan Konawe mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Bahkan mencapai angka tertinggi dari 15 kabupaten/ kota di Sultra,” katanya.

Ia mengaku, berdasarkan data dari BPS , pada 2018 pertumbuhan ekonomi Komawe mencapai 7,44 persen. Sementara pada 2019 menjadi 9,20 persen lebih tinggi dari rata rata provinsi yang sebesar 6,51 persen . Dan juga rata rata nasional yang sebesar 5,08 persen .

Indikator positif itu tentu diikuti dengan persentase penurunan angka kemiskinan dimana diawal kepemimpinan ini angka kemiskinan menurunan pada angka 15,65 persen . Dalam saat ini dapat turun hingga 12, 34 persen .

“Begitupun indeks pembangunan manusia terus mengalami peningkatan dimana awal kepimpinan indeks pembangunan manusia rata-rata 70, 24 persen. Dan sat ini telah mencapai 71,29 persen. Keberhasilan ini tidak didapat dengan sekedar membalikkan telapak tangan. Namun dengan perencanaan dan kerja keras yang matang,” tuturnya.

Dan pada 2020 ini, masa kata Kery, ia menargetkan pertumbuhan ekonomi mencapai 11,61 persen . Kemudian Indeks pembangunan manusia dapat mencapai 72,22 persen. Dengan itu dapat menumbuhkan indikator lainnya.

“Saya juga memberikan penghargaan kepada seluruh stakeholder Pemkab baik eksekutif maupun legislatif yang selama ini turut andil dan bersinergi dalam proses perencanaan dan pelayanananan dalam lingkup pemerintahan,” tutupnya. (Putri/ red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.