banner 728x250

Gubernur: Bendungan Ladongi Adalah Berkah Luar Biasa

banner 120x600
banner 468x60
Dirjen SDA Hari Suprayogi bersama Gubernur Ali Mazi dan Bupati Koltim H Tony Herbiansyah menekan tombol dimulainya Pengalihan Air Sungai (River Diversion) Bendungan Ladongi, Jumat (27/9/2019). Doc: Kominfo Koltim.

UNAAHA, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H Ali Mazi menyebut, jika pembangunan Bendungan Ladongi merupakan berkah dan anugrah luar biasa dari sang pencipta.

Hal itu disampaikan gubernur saat meresmikan acara Pengalihan Air Sungai (River Diversion) Bendungan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Jumat (27/9/2019).

banner 325x300

Ia mengatakan, bendungan ini merupakan wujud nyata dari pemerataan program pembangunan Presiden Joko Widodo, yang nantinya dapat digunakan untuk berbagai keperluan di Koltim, seperti pengairan sawah, PLTA dan wisata.

Sementara dalam sambutannya, Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Hari Suprayogi mengungkapkan, pembangunan Bendungan Ladongi merupakan proyek strategis nasional 1 dari 65 bandungan se-Indonesia, dengan daya tampung (debet air) sebesar 45 juta meter kubik, yang dapat melayani sawah seluas 2.200 hektar ditamba cadangan pengembangan sawah 1.400 hektar. Sehingga total 3.600 hekatar sawah.

“Artinya, akan terwujud swasembada pangan di Kabupaten Kolaka Timur, dengan bendungan yang daya tampung 45 juta meter kubik ini, selain untuk persawahan juga berfungsi sebagai penanggulangan banjir, air baku untuk masyarakat 120.000 liter perdetik dan menjadi sektor pariwisata,” paparnya.

Disebutkannya, untuk rencana pengresmian dijadwalkan Oktober 2020 oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu, pemerintah pusat tahun ini telah melelang pembangunan Bendungan Ameroro dan Bendungan Pelosika.

“Saya berharap, kerjasama dan kekompakan agar pembangunan bendungan ini dikawal oleh TP4D dan Forkopimda, KPK dan seluruh elemen masyarakat khususnya di Kabupaten Kolaka Timur,’’ tutupnya.

Bupati Koltim H Tony Herbiansyah, disela-sela kegiatan menyampaikan, jika bendungan ini nantinya akan memberikan dampak signifikan bagi masyarakat Koltim khususnya yang bermukim disekitar bendungan tersebut.

Sedang Kepala Balai Wilayah Sungai IV Sulawesi DR Ir Haeruddin C. Maddi ST, dalam laporannya mengatakan, jika rogres pekerjaan Pembangunan Bendungan Ladongi telah mencapai 76 persen, dengan tinggi bendungan mencapai 66 meter dan akan rampung 100 persen Oktober 2020.

Hadir juga dalam kegiatan ini Direktur Bendungan, Wakil Ketua DPRD Sultra Jumarding, Dandim 1412 Kolaka, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Koltim serta ratusan undangan lainnya.(Sukri***)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.