banner 728x250

Oknum Petugas PLN di Konawe Cari Untung di Ongkos Pasang KWh?

banner 120x600
banner 468x60

UNAAHA, SULTRA HEADLINE. COM– Salah seorang pelanggan sambungan listrik PLN, Masit warga Desa Otodopi Kecamatan Padangguni Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) mengeluhkan beban biaya pemasangan kwh oleh petugas PLN setempat. Pasalnya program tersebut sudah merupakan program nasional yang biayanya sudah ditanggung negara.

“Saya masih harus membayar biaya penyambungan baru yang kisarannya hampir mencapai Rp. 20 juta,” katanya saat di temui di ruang kerjanya belum lama ini.

banner 325x300

Dikatakan, anggaran sebesar itu diperuntukkan untuk biaya pembelian kabel Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 700 meter yang membentang dari tiang listrik ke rumahnya.

Dan kabel Sambungan Rumah (SR) sepanjang 115 meter serta pembayaran Penyambungan Baru (PB). Hal itu dianggapnya tidak logis mengeluarkan anggaran sebesar itu. Karena desa ini masuk zona program PLN yakni Listrik Desa (Lides) sejak tahun 2016.

“Oknum petugas PLN unit Abuki atasnama M Fikru. Saya rasa ini sudah praktik pungli,” terangnya.

Ia mengaku, sebelumnya ia sudah pernah berkonsultasi langsung kepada PLN Unit Abuki. Tentang biaya pemasangan kwh itu. Tetapi saat itu ditolak karena jarak antara trafo induk terlalu jauh dari rumah yang bersangkutan.

“Bisa dilayani. Tapi harus menamba alat yang dibutuhkan. Seperti kabel,”paparnya.

Meski nilai itu terlalu besar. Namun ia tetap mengusahakannya. Karena kebutuhan listrik ini sangat penting untuk kebutuhan rumah tangga.

Ia mengaku, pernah ditawarkan pemasangam kwh saat lagi berjalannya program Lides. nilainya memang sedikit lebih murah. Tetapi saat itu ia belum memiliki uang untuk menebusi biaya pemasangan itu.

Sementara itu Kepala PLN Rayon Unaaha, Ardianto mengaku tidak tahu menahu soal penjualan kabel itu.

“Informasi itu tidak benar,” tungkasnya saat dihubungi via telepon seluler. (A)

Penulis: Dwi
Editor: Redaksi

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.