banner 728x250

Akhir Kisah Pilkada Konawe, Dua Paslon Masih Merajuk

H Irawan Laliasa (kiri) saling merangkul dengan Gusli Topan Sabara (tengah) didampingi Ketua DPRD Konawe H Ardin (kanan). Foto: Doc/ SH
banner 120x600
banner 468x60
H Irawan Laliasa (kiri) saling merangkul dengan Gusli Topan Sabara (tengah) didampingi Ketua DPRD Konawe H Ardin (kanan) usai mengikuti pleno penetapan KPU terhadap calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pilkada periode 2018-2023. Foto: Doc/ SH

UNAAHA, SULTRAHEADLINE.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) akhirnya resmi mengesahkan pasangan Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara (KSK-GTS) sebagai pemenang pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati periode 2018-2023.

Keputusan itu ditetapkan pada rapat pleno terbuka yang digelar di Aula Hotel Nugraha Unaaha, Minggu (11/8/2018). Rapat pleno tersebut tidak dihadiri dua pasangan H Litanto-Murni Tombili dan Muliyati Saiman-Mansyur. Entah apa yang menjadi alasannya?.

banner 325x300

Ketua KPU Konawe Muhamad Aswar mengatakan, KPU seharusnya menetapkan calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe periode 2018-2023 terpilih tiga hari selang rekapitulasi tingkat kabupaten.

Namun karena adanya gugatan dari calon Litanto-Murni Tombili ke MK . Sehingga penetapan ini harus menunggu putusan lembaga peradilan yang menangani masalah sengketa Pilkada itu.

“Setelah keluarnya putusan MK menolak. KPU kemudian menerima salian putusan. Dan menjadi dasar untuk melaksanakan pleno penetapan calon terpilih ini,” ujarnya.

Pantauan jurnalis Sultraheadline.com, agenda pleno sempat molor selama satu jam. Tepatnya pukul 10.00 Wita dari sebelumnya diagendakan jam 09. 00 wita. Karena masih menunggu tamu undangan lainnya.

Nampak hadir lebih awal Gusli Topan Sabara, pasangan Kery Saiful Konggoasa. Kemudian disusul mantan kempetitornya H Irawan Laliasa bersama rekannya AJP. Saat tiba di tempat, sejumlah kursi masih kosong, sehingga kedua pasangan ini tidak langsung ke aula pleno KPU.

Di ruang tunggu kedua pasangan ini saling berdiskusi akrab dan hangat. Tanpa terasa ada sekat.

“Saya tadi berdiskusi dengan adinda Gusli. Bahwa saya siap membangun sinergitas dengan calon terpilih. Baik itu dalam konteks tindakan maupun fikiran,” ujar H Irawan Laliasa.

Ia mengaku, legawa dengan hasil tersebut. Menurutnya, untuk membangun negeri ini tidak selamanya harus menjadi pemangku kekuasaan. Tetapi ada tempat dan peran lain supaya ide dan gagasan ini bisa tersalurkan sebagai bentuk kontribusi tokoh politik di daerah ini. Salah satunya di kursi legislatif.

“Karena semua masyarakat berpotensi dan berhak mengisi pembangunan daerah. Dalam konteks apapun. Baik tindakan maupun pemikiran. Apalagi, sebagai salah satu tokoh politik di Konawe. Tidak ada salah kalau saya mencoba di kursi legislatif,”terangnya.

Sebagai informasi perolehan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konawe sebagai berikut, pasangan Muliati Saiman – Mansur 2.903 (2,18 persen), Litanto – Murni Tombili 27.564 (20,72 persen), Irawan Laliasa – Adi Jaya Putra 36.816 (27,67 persen) dan Kery Saiful Konggoasa – Gusli Topan Sabara 65.766 (49,43 persen). (B)


Penulis: Dwi
Editor: Redaksi

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.