banner 728x250

Sekolah Disegel, Siswa MAN 1 Konawe Terlantar di Tepian Jalan

banner 120x600
banner 468x60
Siswa MAN 1 Konawe saat sedang di luar sekolah karena disegel pemilik lahan. Foto: Doc/ SH

UNAAHA, SULTRA HEADLINE. COM– Sekolah Madrasa Aliyah (MAN) 1 Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) disegel oknum yang mengaku pemilik lahan. Atas tindakan sepihak itu, guru dan siswa hampir 2 jam tinggal di luar sekolah. Kejadiannya, Kamis (9/8/2018).

Penggugat yang mengkalim tanah itu atas nama Tewa mengunci pagar sekolah dan menempelkan pengumuman ‘disegel’. Akhirnya guru dan siswa yang datang pagi buta enggan masuk sekolah. Dan berdiri berbanjar ditepian jalan.

banner 325x300

Sekolah baru bisa terbuka. Setelah polisi melakukan mediasi kepada penggugat. Dan bersedia membuka gerbang tersebut. Guru dan siswa pun masuk dan kembali melakukan proses belajar mengajar seperti hari-hari biasa.

Sembari proses belajar mengajar berjalan. Penyelesaian masalah sengketa itu juga dilaksanakan. Para pihak yang hadir masing-masing, Kasek MAN 1 Konawe Nyuheri Slamet, Kabag Pemerintahan Setda Konawe Dema Banda, Kabagops Polres Konawe Kompol Jufri A. S, Kapolsek Unaaha Iptu Sumarno dan Lurah Asambu AbdulRahman.

“Hasil rekomendasi yang keluar pada mediasi ini akan saya teruskan ke instansi tertinggi yakni Kemenag Konawe,” ujar Kepala Sekolah MAN 1 Konawe Nyuheri Slamet.

Ditanya soal pertemuan itu, ia mengaku pada umumnya, ada permintaan ganti rugi lahan oleh penggugat. Dan Kemenag bersedia melakukan ganti rugi itu setelah ada putusan tetap dari pengadilan.

Dan penggugat harus bersedia memperlihatkan bukti-bukti otentik yang bekaitan dengan alas haknya yang dikeluarkan resmi dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Persoalan ini sudah masuk ranah hukum. Jadi kami menyerahkan sepuhnya proses penyelesaiannya sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. Dan sembari proses berjalan. Aktifitas sekolah harus pula tetap terlaksana seperti biasanya,” terangnya. (B)


Penulis: Dwi
Editor: Redaksi

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.