banner 728x250
Konawe  

DKP Konawe Intens Sosialisasi Program KRPL

Kadis DKP Konawe Muhammad Akbar (tengah) sedang memberikan sosialisasi program KRPL pada ibu ibu di Desa Ahuawali, Kecamatan Puriala.
banner 120x600
banner 468x60
Kadis DKP Konawe Muhammad Akbar (tengah) sedang memberikan sosialisasi program KRPL pada ibu ibu di Desa Ahuawali, Kecamatan Puriala.

UNAAHA, SULTRAHEADLINE.COM — Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan dengan konsep kawasan rumah pangan lestari (KRPL) di beberapa Kecamatan. Kepala DKP Konawe Muhammad Akbar mengatakan, KRPL merupakan sebuah konsep lingkungan perumahan penduduk yang secara bersama-sama mengusahakan pekarangannya secara intensif untuk dimanfaatkan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan. Yaitu dengan pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dalam suatu kawasan, untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga. Termasuk peningkatan pendapatan keluarga, meningkatkan kesejahteraan melalui partisipasi masyarakat.

“Karena itu, kegiatan sosialisasi ini merupakan pengenalan dari program DKP kepada masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan. Untuk tahun ini, lokasi sosialisasi kita dilakukan pada 4 Kecamatan yang meliputi 5 Kelurahan/Desa,”katanya.

banner 325x300

Dikatakannya, dalam sosialisasi ke masyarakat, pihaknya memaparkan tentang konsep KRPL tersebut yaitu melalui optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan dilakukan dengan upaya pemberdayaan wanita untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga.

“Optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan dengan program unggulan yang lingkup kegiatannya pada Bidang Kesehatan dan gizi. Yakni perbaikan gizi dari sumber pangan lokal dan bidang ekonomi dan keesejahteraan keluarga meliputi pemanfaatan pekarangan dan kebun untuk tanaman pangan, sayuran dan buah-buahan,” sebutnya.

Mantan Kabag Umum setda Konawe itu menambahkan, sasaran program KRPL itu sendiri, agar berkembangnya kemampuan keluarga dan masyarakat secara ekonomi dan sosial yang bermartabat dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara lestari menuju keluarga dan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

“Sedangkan keberhasilan kegiatan Pengembangan KRPL adalah jumlah kelompok wanita/ dasawisma/ rumah tangga yang berpartisipasi dalam pemanfaatan pekarangan untuk penyediaan pangan keluarga yang beragam, bergizi, dan seimbang,” tutup mantan Kepala BP4K itu. (Edward)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.